Cara Membuat Akuaponik Ebb and flow (Pasang Surut)

June 11, 2017

Untuk membuat akuaponik pasang surut atau Ebb and Flow sangatlah mudah. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menjelaskan pembuatan akuaponik pasang surut tahap demi tahap. Agar dalam pembuatan akuaponik berjalan dengan baik sebelumnya baca dulu Memahami Cara Kerja Akuaponik Pasang Surut (Ebb Flow).

Bahan Yang Diperlukan

  • kolam ikan
  • kolam penanaman
  • bibit tanaman
  • ikan
  • media tanam (dapat menggunakan hydroton, krikil, pecahan bata merah atau pecahan genting)
  • pompa akuarium
  • pipa pvc Ukuran 1/2, 1 dan 3 inchi
  • air

Cara Membuat

Untuk membuat akuaponik pasang surut kita mulai dari membuat kolam untuk ikan. Kolam ikan dapat terbuat dari bahan semen, terpal atau fiber. Bila menggunakan semen lakukan persiapan kolam terlebih dahulu sebelum dimasukkan ikan. Bila menggukanakan bahan terpal atau fiber usahakan dinding kolam kuat agar dapat dimanfaatkan sebagai penopang kolam untuk penanaman.

Tinggi kolam yang baik antara 60 sampai 110 cm atau disesuaikan dengan ikan yang ditebar. Kolam di isi air hingga 10 cm dipermukaan kolam, fungginya agar air tidak tumpah dan ikan akan tidak mudah melompat keluar kolam. Air siap digunakan setelah didiamkan selama 3 hari kemudian masukkan bibit ikan yang telah disiapkan.

Agar kolam kaya akan oksigen dapat ditambahkan aerator ditengah kolam. Oksigen yang tinggi di kolam membuat ikan akan nyaman dan tidak mudah stres. Tetapi pemberian aerator diberikan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan, justru akan membuat ikan stres karena terlalu banyak gelembung yang dihasilkan aerator.

Setelah kolam siap langkah selanjutnya pembuatan kolam atau bak penanaman. Kolam dapat terbuat dari fiber atau bahan plastik yang ringan, bahan dibuat ringan agar mudah dipindah pindah terutama pada saat panen ikan. Tempat penanaman dapat diletakkan diatas kolam ikan atau di tempat yang terpisah.

Cara Membuat Akuaponik Ebb and flow (Pasang Surut)

Potong pipa ukuran 1/2 inci kurang lebih 30 cm kemudian beri lubang pada salah satu ujung kolam sebesar ukuran pipa kemudian tempatkan pipa pada lubang dengan posisi 15 cm di dalam kolam dan 15 cm di bawah kolam, rekatkan pipa dengan lem dan jangan sampai bocor. Siapkan kembali pipa dengan ukuran yang sedikit lebih besar sekitar 1 atau 1 1/2 inchi dengan panjang 18 cm.

Pada salah satu ujung pipa diberi tutup dan lem dengan rapat jangan sampai ada kebocoran kemudian pada ujung yang satunya beri lubang kecil kecil dengan ketinggian kurang lebih 1 sampai 2 cm. Siapka pipa ukuran 3 inci dengan panjang 20 cm dan diberi lubang disekelilingnya dengan diameter 1 cm dengan jarak 1 sampai 2 cm.

Tutupkan pipa 1 inchi yang berpenutup di pipa yang 1/2 inchi, kemudian berikutnya tempatkan pipa 3 inchi di pipa 1 inchi sehingga ada 3 lapisan. Lapisan paling luar pipa 3 inchi kemudian pipa 1 inchi dan yang paling dalam pipa 1/2 inchi. Pipa pipa ini berfungsi sebagai sistem pembuangan air dari kolam penanaman menuju kolam ikan.

Masukkan media tanam kedalam kolam penanaman setinggi 20 cm atau setara dengan pipa 3 inchi. Tanah bibit tanaman yang telah disiapkan di atas media tanam dengan jarak kurang lebih 20 cm.

Langkah terakhir pempatkan pompa yang telah disambung dengan pipa dengan ukuran 1/2 inchi di dalam kolam dan salurkan menuju kolam penanaman. Kemudiaan nyalakan pompa sehingga air di dalam kolam ikan akan membanjiri kolam penanaman dan nantinya kalau sudah penuh akan di alirkan kembali menuju kolam ikan.

Perawatan

Perawatan yang perlu dilakukan, beri makan ikan dengan teratur dan jumlah pakan yang pas sesuai dengan kebutuhan ikan. Seminggu selaki priksa jumlah air di dalam sistem apabila terjadi penyusutan lakukan penambahan hingga ketinggian semula.

Lakukan pemeriksaan tanaman apakah ada hama tau tidak, bila terdapat hama segera lakukan penanganan. Periksa kondisi ikan apakah terdapat penyakit atau didak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon