Cara Perkembangbiakan Lele Secara Alami dan Buatan

May 31, 2017

Secara alami lele biasanya hidup disungai yang memiliki arus yang cukup deras. Sungai yang deras memiliki lebih banyak makanan tersedia sehingga lebih banyak hewan hewan yang hidup disana termasuk lele yang biasa memakan hewan hewan kecil.

Lele bisa tumbuh dan bertahan hidup disungan yang jernih tetapi lele lebih suka hidup di sungai yang keruh seperti bahkan berlumpur. lelain itu lele juga dapat bertahan hidup di lingkungan air yang sangat tipis oksigen, hal ini karena lele memiliki dua cara untuk bernapas yaitu menggunakan ingsang atau langsung menganbil oksigen di udara.


Cara perkembang Biakan lele Alami dan Buatan

Perkembangbiakan Lele di Alam

Di alam lele biasa berkembang biak secara alami dengan pertemuan alami pula. Biasanya perkembangbiakan lele terjadi pada musim penghujan selain karena jumlah air di sungai melimpah biasanya pada musim penghujan juga lebih banyak tersedia makanan sehingga nantinya anak anak lele berpeluang lebih untuk bertahan hidup.

Di musim penghujan tanah disekitar tanah akan basah dan banyak yang terbawa aliran air kesungai sehingga tanah tanah yang berada di sungan menjadi lebih banyak dan lebih empuk, banyaknya endapan yang berada disungan membuat bau bau yang has yang disukai oleh lele. Dengan kondisi seperti ini akan merangsang lele untuk semakin matang dan siap untuk melakukan pemijahan.

Lele merupakan binatang yang tergolang melakukan perkembang biakan secara ovipar atau pembuahan telur diluar tubuh. Lele lele pejantan yang telah siap melakukan pemijahan akan mencari betina yang juga siap melakukan pemijahan. Setelah mereka bertemu maka akan mencari tempat strategis untuk menyimpan telur telurnya.

Setelah menemukan tempat yang dirasa bagus mereka akan melakukan perkawinan. Meskipun lele dikenal sebagai hewan yang kanibal tetapi lele merupakan hewan yang setia kepada pasangan jadi mereka akan menunggu telur telurnya secara bersamaan sampai menetas.

Untuk saat ini lele bukan hanya hidup di alam dan berkembang biak di alam tetapi sekarang sudah banyak orang yang membudidayakan lele dirumah baik hanya untuk peliharaan taupun untuk kepentingan bisnis. Dimasyarakat saat ini lele sudah dikembangbiakkan di kolam kolam baik dari tanah semen terpal atau fiber bahkan ada yang menggunkan drum sebagai kolam.

Kebutuhan akan bibit lele semakin lama semakin banyak dan perkembangbiakan dialam tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan. Sehingga saat ini lele sudah dilakukan pemijahan dikolam kolam budidaya baik secara lami maupun buatan.

Pemijahan Lele di Kolam Secara Alami

Pada dasarnya meskipun lele budidaya ditempatkan di kolam tetapi tetap dapat berkembang biak secara alami. Didalam kolam jumlah lele sebagai indukan sangat terbatas sehigga perlu dilakukan campur tangan manusia agar peluang lele memijah dan menghasilkan bibit lele yang berkualitas.

Yang pertama kita harus menyiapkan tempat yang layak sehingga lele yang akan melakukan pemijahan merasa nyaman jadi lele tidak stres karena lele yang stres akan mempengaruhi hasil pemijahan baik jumlah telur yang dihasilkan ataupun kualitasnya. Selanjutnya kita perlu mencari indukan yang berkualitas agar nantinya diperoleh hasi bibit yang unggul. Setelah memperoleh indukan unggul kita harus memastikan indukan tersebut lelah siap untuk dipijahkan.

Pemijahan lele di Kolam Secara buatan (tidak alami)

Didalam pemijahan lele secara biatan sebenarnya hampir sama dengan secara alami jadi kita tetap harus nenyiapkan tempat yang layak dan nyaman untuk lele dan mencari indukan yang memiliki kualitas baik. Bedanya pada proses pemijahan secara alami kita hanya bisa menunggu indukan lele siap untuk dipilahkan, tetapi dalam pemijahan secara buatan kita dapat membuat lele yang sebenarnya belum siap menjadi siap untuk dipijahkan.

Caranya dengan merangsang lele menggunakan hormon yang disuntikkan kedalam tubuh lele. Keuntungan pemijahan buatan kita dapat menghasilkan telur lele lebih banya dengan frekuensi lebih cepat sehingga akan dihasilkan lele yang lebih banyak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
March 4, 2020 at 12:34 PM delete

terimakasih saya telah terbantu

Reply
avatar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon