Cara Stek Bunga Mawar Yang Benar

June 10, 2016

Cara Stek Bunga Mawar Yang Benar

Bunga mawar merupakan bunga yang paling banyak di minati oleh para pencinta bunga. Bunga mawar memiliki bentuk yang indah dan memiliki bau harum yang has sehingga banyak memikat orang untuk menggemarinya. Sangking populernya hampir semua orang tahu dan pernah menjumpai baik menanam sendiri dirumah maupun di acara penting seperti pernikahan

Mawar telah membuat bahagia banyak orang lewat bau wangi yang has dan menyegarkan. Meskipun begitu tidak banyak orang yang tau dan bisa merawat bunga mawar yang baik. Itu sebabnya dalam kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam bunga mawar yang baik.

Cara Stek Bunga Mawar Yang BenarDalam tulisan ini saya akan beri judul cara stek bunga mawar yang benar. Sebenarnya untuk mengembangbiakkan bunga mawar ada beberapa macam cara tetapi yang populer dan mudah yaitu menggunakan cara stek batang dan menggunakan biji. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menanam menggunakan cara stek.

Kenapa saya memilih stek sebagai metode pengembangbiakan karena cara ini memiliki banyak kelebihan. Dengan menggunakan stek kita akan memperolej hasil tanaman yang sama persis dengan induknya jadi kira tidak perlu kawatir mengenai hasil yang akan diperoleh. Selain itu cara stek tergoleng cara yang mudah dan murah untuk dilakukan.

Cara Stek Bunga Mawar

Pertama tama kita pileh jenis bunga mawar yang akan kita stek, pastikan sesuai dengan jenis dan warna yang kita kehendaki. Setelah itu proses selanjutnya kita akan memilih batang yang sesuai untuk stek.

Proses pemilihan batang sangatlah penting karena apabila kita salah memilih maka apa yang telah kita lakukan akan sia sia. Batang mawar uang siap disetek memiliki umur yang cukup tua dan telah memiliki batang yang cukup. Pada batang mawar mulus dan tidak terdapat cacat seperti bekas sayatan ataupun kulit yang terkelupas.

Potong batang bunga mawar dengan panjang sekitar 6 sampai 10 cm menggunakan pisau yang tajam agar diperoleh hasil yang baik. Kemudian siapkan media tanam berupa tanah yang telah ditempatkan di polybag agar mudah untuk dipindah pindah. Tanahuntuk media stek tidak perlu diberi pupuk apalagi pupuk kimia karena dapat menghambat dan mengganggu pertumbuhan akar.

Tancapkan batang mawar dimedia tanam yang telah disiapkan. Beri ari secukupnya saja jangan terlalu banyak karena mawar tidak menyukai banyak air. Tempatkan mawar hasil stekan di tempat yang teduh dan jangan terkena sinar matahari langsung karena akan membuat pertumbuhan menjadi lambat dan dapat menyebabkan batang bisa menjadi kering. Rawat dan jaga hingga batang mawar mengeluarkan daun daun baru.

Memindahkan Bibit Mawar Stek

Mawar siap dipindahkan setelah memiliki beberapa helai daun dan telah memiliki cukup akar. Bibit bunga mawar dapat dipindahkan ke tanah ataupun ke wadah lain seperti pot. Apabila kita akan memindahkan bibit mawar ke tanah langkah pertama yang harus dilakukan yaitu tanah diberi pupuk kandang atau kompos agar tanaman menjadi subur. Kemudian beri lubang pada tanah dan pindahkan bibit mawar yang telah siap dan tutup kembali lubangnya.

Buat irigasi yang baik disekitar mawar agar tanah cepat kering apabila terkena hujan ataupun pada saat disiram. Ingat bunga mawar sangat tidak menyukai tanah yang terlalu basah. Kalau telalu basah akibatnya pertumbuhan mawar akan terganggu dan kemungkinan paling parah mawar akan mati dan sia sialah usaha yang telah kita lakukan.

Menanam Mawar di Pot

Untuk menanam mawar dipot usahakan menggunakan pot yang mudah mengalirkan air keluar seperti pot yang terbuat dari tanah liat. Apabila menggunakan pot dari plastik usahakan memberi lubang lebih banyak agar air lebih mudah keluar. Untuk ukuran pot dapat disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Langkah berikutnya menyiapkan media tanam dengan mencampurkan tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 kemudian aduk hingga merata. Agar pada saat menyiram air nantinya cepat keluat masukkan krikil pada bagian bawah pot. Cara lain agar air cepat keluar media tanam juga dapat ditambah dengan sekam dengan perbandingan yang sama.

tempatkan bibit bungan mawar pada pot yang telah diisi media tanam yang telah disiapkan kemudian tempatkan tanaman mawar ditempat yang teduh. Setelah tanaman kuat kemudian mawar dapat dipindahkan ketempat yang terdapat sinar matahari langsung. Rawat bunga mawar hingga besar dan berbunga.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon