Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

June 11, 2016

Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang paling diminati dan memiliki nilai khusus bagi penggemarnya. Bunga mawar saat ini bukan hanya ada dalam acara besar seperti pernikahan tetapi sudah banyak ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman hias. Menanam mawar memang susah susah gampang tetapi akan menjadi sangat sulit bila kita tidak punya ilmunya. Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga dan memiliki bungan yang indah.

Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga
Sebelum berbicara bagaimana menghasilkan bunga tentunya kita harus menanam pohonnya dulu, dalam kesempatan kali ini saya hanya menjesaskan secara singkat saja mengenai cara menanam karena sebelumnya saya sudah menjelaskannya dalan tulisan saya sebelumnya.

Ada dua cara mudah untuk memperoleh bibit mawar yang berkualitas yaitu dari biji dan dari stek batang. Untuk mendapatkannya kita bisa membelinya dipenjual bibit bunga atau kita juga dapat membuatnya sendiri. Bila anda ingin membuat bibit dengan biji baca selengkapnya dalam tulisan saya Cara menanam bunga mawar dengan biji.

Cara kedua yaitu menggunakan stek batang cara ini dapat menghasilkan bunga mawar yang sama persis dengan induknya jadi untuk menghasilkan bunga mawar yang bagus perlu membutuhkan indukan yang berkualitas baik dan pastikan sesuai dengan jenis dan warna yang anda kehendaki. Untuk lebih jelas anda dapat melihat dalam tulisan saya Cara Stek Bunga Mawar Yang Benar.

Kedua cara diatas sangatlah mudah diterapkan dan memberikan hasil yang cukup memuaskan. Setelah kita mendapatkan bibit yang sesua langkah selanjutnya kita siapkan tempat dan media tanam. Untuk tempat dapat ditempatkan di tanah pekarangan atupun di pot atau polybag. Hal yang perlu diperhatikan dalam menanam bunga mawar yaitu air, bunga mawar sidak menyukai tempat yang banyak mengandung air. jadi kita perlu membuat resapan air yang baik agar mawar tumbuh dengan sempurna.

Tanam bibit mawar pada pagi atau sore hari jangan siang hari karena matahari yang terlalu terik akan membuat bibit cepat layu. Buat lubang pada media tanam kemudian masukkan bibit pada lubang dan kubur akar tanaman dengan tanah. Setelah selesai tempatkan tanaman pada tempat yang teduh agar tanaman dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru.

Apabila anda menanam di tanah anda dapat memberi penutup untuk sementara. Setelah tanaman kuat tempatkan tanaman pada tempat yang mendapat sinar matahari langsung yang cukup agar pertumbuhan mawar sempurna. Siram setiap hari satu sampai dua kali atau sesuaikan dengan kondisi tanah, bila masih cukup basah tidak usah disiram.

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Agar tanaman mawar cepat berbunga dan bunganya banyak perlu dilakukan perawatan yang baik, teliti dan sabar. Perhatikan kondisi airnya, siram tiap hari jangan sampai kekeringan dan apabila kondiri penghujang perhatikan jangan sampai air terlalu lama mengenangi mawar.

Lakukan pemupukan sesuai dengan pertumbuhan mawar. Untuk pupuk dapat menggunakan pupuk kompos, atau pupuk kandang apabila anda tidak emiliki anda dapat menggunakan pupuk kimia jenis NPK, pupuk dapat dibeli ditoko pupuk. Apabila anda menggunakan pupuk kimia perhatikan takarannya jangan sampai berlebihan karena penggunaan pupuk kimia yang berlebihan justru akan menyulitkan tanaman dalam menyerap nutrisi.

Lakukan pemotongan pada ranting yang berlebih atau yang telah kering. Banyak orang merasa sayang kalau harus memotong ranting mawar yang telah susah payah dibesarkan. Justru dengan memotong sebagian ranting pada tanaman mawar akan menbuat tanaman menjadi lebih baik.

Mungkin akan timbul pertanyaan kok bisa begitu? Penjelasannya, dengan memotong ranting yang tidak perlu akan merangsang tanaman ntuk menumbuhkan tanting dan daun baru yang tentunya lebih baik dan masih segar. Dengan batang dan daun yang baik nantinya akan dapat menghasilkan bunga yang lebih banyak dan lebih sempurna.

Yang terahir rawat bunga agar terhindar dari hama dan gulma. Ccabut dan buang jauh bila ada gulma yang tumbuh disekitar mawar karena akan mengganggu pertumbuhannya selain itu gulma juga akan menghabiskan pupuk yang telah kita berikan. Selain gulma hindarkan tanaman dari hama sepeti ulat yang memakan daun. Kalau diperlukan anda dapat menyemprotnya dengan obat anti hama.

Demikian tips agar tanaman mawar yang kita tanam cepat terbunga dan terus berbunga dengan kualitas yang baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Bila ada pertanyaan atau komentar silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
June 18, 2020 at 5:31 AM delete

Kunjungi situs panduan CARA BERMAIN LIVE GAME IDN yang baik dan benar di situs ini,kalian akan mengetahui tata cara bermain yang dianjurkan agar meraih keuntungan yang banyak di live game IDN. kalian bisa melihat panduan cara bermain game
- ROULETTE
- 12D
- 24D
- 24Dspin
- 3D Shio
- 5D Ball
- Baccarat
- Billiards
- Dice 6
- Dragon Tiger
- Fantan
- Gong Ball
- Head Tail
- Monopoly
- Race Ball
- Sicbo[Dice]


Semua bisa kalian pelajari di Cara Bermain 3D SHIO IDN LIVE

Reply
avatar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon