Media Tanam Hidroponik Yang Perlu Diketahui

May 05, 2016

Membicarakan hidroponik erat hubunganya dengan media tanam. Media tanam dalam hidroponik memang hanya salah satu bagian yang terdapat dalam hidroponik tetapi memiliki peranan yang sangat penting karena salah menggunakan media tanam dapat berdampak pada hasil tanaman.

Dalam tulisan kali ini kita akan membahas mengenai macam macam media tanam yang banyak digunakan oleh kalangan penghodi maupun petani hidropnik. Media tanam yang digunakan biasanya seperti rockwool, hydroton, krikil, spons, arang sekam, perlite, dan sabut kelapa.

Arang sekam

Di Indonesia arang sekam sangat populer digunakan sebagai media tanam baik untuk hidroponik maupun tehnik budidaya yang lainya. Kepopuleran arang sekam karena mudah didapat dengan harga murah, seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan penghasil padi yang besar otomatis ketersediaan arang sekam melimpah.

Arang sekam dibuat dari kulit padi yang dibakar sehingga terbentuk arang yang seteril dari bakteri. Arang sekam hanya dapat digunakan sekali saja akan tetapi penggunaan arang sekam sebagai media taman sangat baik untuk perkembangan tanaman.

Rockwool

Rockwool sudah populer digunakan oleh petani hidroponik Indonesia kerena media tanam yang satu ini memiliki beberapa kelebihan seperti penggunaan yang mudah dan dapat menyerap air dengan baik. Rockwool dibuat dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu tinggi hingga meleleh dan membentuk serat serat halus. Bentuk rockwool seperti busa yang berserat halus serta ringan. Biasanya dijual dalam bentuk lembaran yang nantinya dapat dipotong sesua kebutuhan.

Sabut Kelapa

Diluar negeri sabut kelapa biasa disebut sebagai cocopeat, dilihat dari namanya kita sudah tau bahwa media tanam ini pasti dibaut dari olahan sabut kelapa. Sabut kelapa dibersihkan dan dipotong potong sehingga mudah dalam penggunaanya. Sabut kelapa dapat menyerap air sangat baik sehingga akan memberikan kelembaban yang lebih pada tanaman. Sabut kelapa memiliki pH yang setabil dan normal antara 5,0 – 6,8. Sabut kelapa banyak dipilih karena memiliki banyak keunggulan dan mudah untuk memperolehnya.

Media Tanam Hidroponik Yang Perlu DiketahuiHydroton

Hydroton merupakan media tanam yang dibuat dari tanah liat yang dipanaskan dalam suhu tinggi hingga mencapai 12000C. hydroton memiliki bentuk bulat dengan ukuran antara 1 – 2,5 cm dan terdapat pori pori yang berfungsi menyerap air / nutris yang diperlukan tanaman. Kelebihan dari hidroton dapat digunakan berkali kali hanya dengan mencucinya hingga bersih setiap akan digunakan kembali. Selain itu hidroton memiliki keunggulan dari segi pH yang cukup setabil dan netral.

Spons

Saat ini spons banyak dibuat dari bahan kimia buatan/ sistesis. Spons dalam kegiatan sehari hari dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk seperti alat mencuci piring, bahan kasur, bahan kursi sova dll. Spons dapat menyimpan banyak air karena memiliki pori pori yang besar  dan banyak.

Spons memang jarang digunakan sebagai media tanam terutana dalam sekala besar tetapi dapat digunakan sebaga alternatif bila anda tidak menemukan media yang lain. Tanaman yang ditanam di spons akan tumbuh dengan baik dan segar.

Perlite

Perlite merupakan batuan silika yang dipanaskan dalam suhu tinggi hingga terbentuk menjadi sangat kecil. Perlite berwarna putih seperi gabus dan memilik bobot yang sangat ringan. Perlite memilik pH yang netral dan memilik tingkat aerasi yang baik. Perlite memiliki daya rerap yang baik dan dapat di campur dengan media tanam yang lain.

Perlite di Indonesia masih sedikit yang menggunakannya karena belum populer dan masih sulit untuk mendapatkannya. Dari berbagai macam media tanam yang telah diulas tentunya memiliki banyak kelebihan dan juga terdapat kekuranggan tetapi dari media media tanaman tersebut sangan layak dan cocok di gunakan untuk menggembangkan tanaman secara hidroponik.

Banyaknya media tanam yang dapat digunakan sebagai laternatif pada saat kita kesulitan mendapatkan media tertentu. Jadi tidak ada alasan lagi kita tidak bisa menanam dengan sistem hidroponik.

Sekian tulisan mengenai media tanam hidroponik, apabila ada pertanyaan, tambahan, atau komentar langsung saja tinggalkan pesan pada kolom komentar. Trimaksih semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon