Memahami Cara Kerja Akuaponik Pasang Surut (Ebb Flow)

June 09, 2017

Sistem akuaponik Ebb and flow atau yang sering dikenal sebagai akuaponik pasang surut adalah sistem akuaponik yang memanfaatkan pasang surut air pada kolam penanaman untuk memasukkan oksigen kedalam air.

Oksigen dangan dibutuhkan dalam proses fotositesis tanaman sehingga agar pertumbuhan tanaman sempurna maka perlu di tambahkan oksigen karena air yang berasal dari kolam ikan jumlah oksigennya sudah menipis karena telah digunakan oleh ikan. Terjadinya proses pasang surut tersebutlah yang akhirnya sistem ini dinamakan sisten akuaponik pasang surut atau dalam istilah asingnya Ebb and flow.

Cara Kerja Akuaponik Pasang Surut (Ebb And Flow)

Untuk membuat akuaponik pasang surut ada dua wadah yang pertama wadah sebagai kolam ikan sedangkan wadah yang kedua sebagai tempat tumbuh tanaman. Untuk memahami prinsip kerja akuaponik rakit apung pertama kita bahas pada bagian kolam ikan. Dalam kolam ikan dipelihara dan diberi makan setiap hari duakali atau disesuaikan dengan jenis ikan yang diplihara.

Ikan akan menghasilkan kotoran berupa endapan organik. Kotoran ini sangat beracun bagi kehidupan ikan apa lagi apabila dalam jumlah yang banyak. Tetapi endapan organik ini sangat baik bagi tanaman, agar tidak meracuni ikan bahan organik di kolam di alirkan menuju tempat pembudidayaan tanaman menggunakan pompa.


Memahami Cara Kerja Akuaponik Pasang Surut (Ebb Flow)

Pada wadah yang kedua yang dijadikan tanaman di tempatkan media tanam seperti hidropton, krikil, arang, atau pecahan genting. Tanaman ditanam pada permukaan media tanam dengan posisi tegak lulus dan seluruh bagian akar tertutup media tanam. Air yang di alirkan dari kolam bercampur dengan bahan organik akan memenuhi kolam penanaman.

Pada saat kolam sudah penuh maka pada bagian pembuangan juga akan penuh dan mulai membuang air yang berada di kolam penanaman menuju kolam ikan. Air yang ada di bagian kolam penanaman akan terkuras sampai habis sehingga kondisi kolam penanaman akan mulai mengering. Pada saat proses air surut maka akan terjadi penyampuran oksigen dengan air sehingga air yang berisi nutrisi organik akan menjadi kaya akan oksigen dan sangat baik bagi tumbuhan.

Sisa sisa air yang kaya akan nutrisi baik yang berasal dari bahan organik dari kolam akan tersangkut pada media tanam. Nutrisi akan terserap oleh akar tanaman untuk diproses. Tanaman yang memperoleh bahan organik akan tumbuh lebih baik bila dibanding dengan menggunakan bahan kimia. Karena menggunakan bahan organik sebagai sumber nutrisi maka tanaman yang dihasilkan juga berupa tanaman organik.

Air yang berasal dari kolam penanaman akan menjadi bersih karena telah tersaring dan tertinggal pada kolam penanaman. Air yang telah bersih akan sangat baik bagi habitat ikan. Ikan yang hiduk di air yang baik akan lebih cepat tumbuh besar dan nanti akan lebih cepat panen.

Dari proses ini akan terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara ikan dan tanaman. Tanaman memperoleh nutrisi yang berasal dari sisa atau kotoran ikan berupa bahan organik. Sedangkan ikan memperoleh keuntungan air sebagai habitat ikan akan menjadi bersih.

Dari segi perawatan sistem ini juga sangat menguntungkan pembudidaya. Untuk budidaya ikan kita tidak perlu melakukan pembersihan kolam karena kotoran sudah dimanfaatkan untuk tanaman. Bagi budidaya tanaman kita tidak perlu membeli pupuk yang saat ini harganya semakin lama semakin mahal. Jadi penggunaan sisten akuaponik pasang surut akan mampu menekan biaya baik dari segi budidaya ikan maupun budibaya tanaman.

Untuk proses pembuatan baca pada Cara Membuat Akuaponik Ebb and flow (Pasang Surut).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
June 22, 2017 at 9:15 PM delete

ikan apa aja yang dapat dipelihara da berapa banyak?
trimakasih

Reply
avatar
Najib Sant
AUTHOR
June 22, 2017 at 9:56 PM delete

Pada dasarnya semua ikan dapat dplihara karena semua ikan menghasilkan kotoran yang baik bagi tanaman. Klau jumlah ikan disesuakan dengan jenis ikan (sama dg sistem konvensional). Bila ingin lebih banyak tambahkan aerator pada kolam.

Reply
avatar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon