Manfaat Pupuk Bokashi Untuk Pertanian

June 05, 2017

Pupuk bokashi lahir karena keprihatinan para pengembang pertanian atas menurunnya kualitas dan kuantisas hasil pertanian karena semakin rusaknya tanah sebagai media tanam. Pada era awal penemuan pupuk kimia petani merasa gembira karena hasil pertanian yang menggunakan pupuk kimia secara signifikan meningkat tetapi tanpa disadari penggunaan pupuk kimia semakin lama justru berdampak kurang baik karena unsur unsur baik di dalam tanah secara perlahan menghilang.

Manfaat Pupuk Bokashi Untuk Pertanian

Dampaknya tanah menjadi rusak secara signifikan dan tanah tidak serta merta dapat diperbaiki dengan cepat. Pemberian pupuk bokashi pada tanah diharapkan mampu mengembalikan kualitas tanah yang telah rusah akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan. Pupuk bokashi dibuat dari bahan bahan alami yang ramah untuk lingkungan sehingga tidak akan memberikan dampak buruk dalam jangka waktu yang panjang. Berikut beberapa kelebihan pupuk bikashi untuk pertanian.

Memperbaiki Struktur Tanah

Penggunaan bahan alami dan diolah dengan proses yang baik akan menghasilkan pupuk yang ramah lingkungan. Penggunaan pupuk bokashi terbukti dapat memperbaiki struktur dalam tanah yang hilang akibat dari punggunaan pupuk kimia. Penggunaan bakteri baik sebagai bahan dekomposer dapat meninggatkan bakteri bakteri baik yang ada di dalam tanah dan berkembangbiak sehingga dalam jangka waktu yang lama tanah akan menjadi lebih baik.

Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Hasil Pertanian

Penggunaan pupuk bokashi terbukti dapat meningkatkan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman yang ditanam akan menjadi lebih subur. Tanaman yang ditanam akan tumbuh lebih besar dan kualitasnya pun menjadi lebih baik dari penggunaan pupuk kimia. Tanaman yang ditanam di lahan yang subur akan tumbuh lebih maksimal sehingga hasil panen juga akan meningkat.

Meningkatkan Kandungan Organik dalam Tanah

Bokashi merupakan salah satu bentuk pupuk organik yang sangat cocok untuk tanaman. Penggunaan pupuk bokashi akan meningkatkan kandungan organik tanah yang hilang akibat pupuk kimia. Selain karena penambahan pupuk organik tetapi bakteri yang terkandung dalam pupuk bokashi akan menyebar dan berkembang dalam tanah sehingga membuat tanah menjadi lebih berkualitas. Tanah yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang berkualitas pula.

Menghasilkan Tanaman Organik

Karena bokashi merupakan pupuk organik maka tanaman yang dihasilkan juga berupa tanaman organik pula. Tanaman organik sangat baik bagi kesehatan manusia karena tanaman organik yang dikonsumsi manusia tidak akan memiliki dampak megatif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Mengurangi Kepadatan Tanah

Penggunaan pupuk bokashi dalam jangka panjang akan mengurangi kepadatan tanah karena mikroorganisme di dalam tanah kembali hidup jadi tanah akan menjadi gembur. Tanah yang gembur akan memudahkan air untuk meresap kedalam tanam sehingga kebutuhan air dalam tahan akan lebih terjaga. Pada saat air melimpah seperti musim penghujan air akan lebih mudah terserap oleh tanah sehingga pada saat musim kemarau persediaan air didalam tanah tetap tercukupi.

Mempermudah dalam Pengolahan Tanah

Tanah yang telah menjadi gembur akan lebih mudah diolah baik menggunakan peralatan manual maupun menggunakan bajak. Pengolahan tanah yang mudah akan membatu petani sehigga energi yang dikeluarkan juga akan semakin kecil sehingga biaya yang dikeluarkan juga akan lebih kecil.

Selain diatas sebenarnya manfaat bokashi masih banyak lagi seperti semakin efisiennya biaya pertanian, memanfaatkan bahan sisa dan masih banyak lagi yang lainnya. Demikian tulisan kali ini mengenai manfaat pupuk bokashi untuk pertanian apabila ada yang ingin menambahkan atau bertanya boleh tinggalkan pesan di kolom komentar. Salam Guyub Tani

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Suraj
AUTHOR
December 8, 2019 at 5:12 AM delete

Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.

Reply
avatar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon