Kelebihan dan Kekurangan Sistem Aquaponik

June 01, 2017

Aquaponik merupakan teknologi budidaya tanaman sekaligus budidaya ikan dalam satu siklus. Aquaponik merupakan solusi bagi pertanian yang saat ini semakin sulit terutama terkendala masalah lahan. Meskipun sistem ini merupakan sistem yang moderen tetap saja ada kekurangan dan kelebihannya.
Kelebihan dah Kekurangan Sistem Aquaponik

Kelebihan Aquaponik

Sampai hari ini aquaponik terus berkembang dan dikembangkan karena diyakini memiliki kelebihan dibanding dengan sistem yang lain, selain itu aquaponik sangat fleksibel dalam penggunaannya. Berikut kelebihan Aquaponik :

Dapat menghasilkan dua produk sekaligus dalam satu kali proses produksi
saling sinergi antara kegiatan pertanian dan budidaya ikan dalam satu proses produksi yang saling terkait membuat aquapinik dapat menghasilkan produk pertanian dan perikanan sekaligus. Hal ini akan sangat menguntungkan karena hasil yang diperoleh juga dobel.

Berbeda dengan sistem pertanian yang lain yang hanya mampu memperoleh hasil satu macam jadi apabila di salah satu produksi mengalami penurunan produksi ataupun keuntungan kita tetap akan memperoleh hasil dari produk yang satu lagi.

Menghemat Lahan
Dalam aquaponik kita dapat menempatkan budidaya pertanian di atas kolam ikan sehingga dapat menghemat lahan. Pada proses budidaya konvensional lahan yang sedang digunakan untuk produksi pertanian tidak akan bisa digunakan untuk memelihara ikan dan sebaliknya ( ada beberapa tempat yang bisa menggabungkan perikanan dengan pertanian tetapi itu sangat terbatas baik ketersedian air maupun jenis tanaman).

Sistem aquaponik sangat cocok diterapkan di wilayah perkotaan yang padat penduduk maupun di pedesaan yang masih banyak lahan kosong. Pada wilayah perkotaan biasanya untuk melakukan usaha budidaya akan terbentur masalah lahan. Menggunaan sistem aquaponik akan sangat menghemat lahan karena penataan tanaman dapat ditempatkan diatas kolam baik secara horizontal maupun vertikal.

Produk pertanian yang dihasilkan berupa organik
Hasil limbah dari ikan berupa kotoran organik yang nantinya akan di salurkan menuju tempat bididaya pertanian sehingga tanaman akan memperoleh suplay nutrisi atau pupuk dari kotoran ikan yang organik sehingga hasil pertanian juga berupa tanaman organik.

Tananam organik sangat bagus bagi kesehatan manusia sehingga akan banyak masyarakat yang membutuhkan dan akan membuat harga tanaman juga menjadi lebih tinggi. harga yang tinggi akan menguntungkan bagi petani.

Dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan
Penggunaan aquaponik dapat disesuaikan dengan kebutuhan baik tananan dan lahan yang tersedia. Pada penggunaan lahan yang sempit dan kita ingin menghasilkan tanaman yang lebih banyak maka kita dapat menerapkan sistem tanam vertikal dan apabila menanam tanaman yang melebar seperti tanaman tomat kita dapat menanamnya secara vertikal.

Lebih hemat air
Air yang digunakan untuk aquaponik selalu diputar dan berkesinambungan sehingga tidak ada air yang akan terbuang secara sia sia. Air akan berkurang pada saat terjadi penguapan atau terserap oleh tanaman nantinya akan ditambahkan air. Penanbahan air tidak banyak dilakukan jadi meskipun ada penambahan air tetap saja lebih hemat bila dibandingkan dengan pertanian konvensional.

Kekurangan Aquaponik

Meskipun aquaponik memiliki kelebihan sistem ini tetap saja masih memiliki kekurangan. Berikut keurangan aquaponik :

Biaya pembuatan sistem lebih mahal
Banyaknya peralatan yang perlu dibeli membuat sistem aquaponik menjadi mahal, karena peralatan yang digunakan tidak mudah untuk dibuat sendiri. Untuk membuat kolam membutuhkan biaya yang cukup besar apalagi kolam dibuat dari bahan yang bermutu tinggi.

Selain kolam diperlukan peralatan untuk media tanam dan perlatan tersebut juga tidak dapat dibuat sendiri selain itu harga dari pabrik juga sudah mahal jadi secara kesuluruhan untuk membuat aquaponik bisa digolongkan sebagai teknik budidaya berbiaya tinggi hal ini sepadan dengan keuntungan yang ditawarkan.

Tergantung dengan ketersediaan listrik
Untuk mengoprasikan sistem aquaponik tidak akan berjalam begitusaja tanpa ada penggeraknya. untuk menggerakkan air dalam sistem digunakan pompa untuk mengalirkan air dari kolam ke media tanam, pompa menggunakan listrik sebagai sumber energinya jadi apabila terjadi hambatan dengan sumber listrik maka sistem akan terganggu bahkan tidak jalan.

Membutuhkan skil khusus
Untuk mengopsasikan memerlukan sistem aquaponik tidak bisa sembarangan karena apabila salah maka kehidupan ikan maupun tanaman akan terganggu. Sehingga untuk mengoprasikannya diperlukan keahlian khusus agar diperoleh hasil maksimal.

Membutuhkan perawatan extra
Budidaya sistem aquaponik tergolong dalam bididaya intensif sehingga diperlukan perawatan ekstra agar pertumbuhan ikan dan tanaman sama sama baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Oleg
AUTHOR
December 8, 2019 at 4:37 AM delete

Saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana layanan pendanaan Le_Meridian membantu saya dengan pinjaman 2.000.000,00 USD untuk membiayai proyek pertanian ganja saya, saya sangat berterima kasih dan saya berjanji untuk membagikan perusahaan pendanaan yang sah ini kepada siapa pun yang mencari cara untuk memperluas bisnisnya project.the company adalah perusahaan pendanaan UK / USA. Siapa pun yang mencari dukungan keuangan harus menghubungi mereka di lfdsloans@outlook.com Atau lfdsloans@lemeridianfds.com Bpk. Benjamin juga menggunakan whatsapp 1-989-394-3740 untuk mempermudah segala pemohon.

Reply
avatar
July 20, 2022 at 8:41 PM delete

Sy nk mintak tolong viralkan berita baik ni yeπŸ“’πŸ˜‰
Assalamualaikum salam sejahtera warga groupπŸ“’

1) Ni berkenaan kisah hidup pesakit lutut kronik dan masalah saraf sendi2 dan juga kisah hidup pesakit kanser stage 1 sampai stage 4, pesakit gout kronik dan juga produk yg berpatutan harga nya tapi kesannya setanding ubat harga mahal ribuan ringgit.

2)Dah ramai yg sembuh dengan penawar herba saya ni. Kanser yg sudah merebak ke organ-organ lain pun boleh diubati insya Allah.☺πŸ‘πŸ»

3) banyak pengalaman dah saya berdepan dengan pesakit2 kanser,sakit saraf,sakit lutut dan gout. Ramai yg dh pulih.

4)Mcm2 kanser blh rawat termasuk leukimia,paru2,limfoma dan lain lain

5) Puan Rasmani Binti Md Noh psakit lutut kronik yg terpaksa jalan mengesot esot atas lantai dan klau cuba berjalan secara berdiri boleh dengar lutut berbunyi bunyi tulang yg sangat sakit. Hendak masak terpaksa gunakan kerusi sebab xmampu berdiri lama2 dan lepas 6 hari minum dah mampu berjalan lancar dan saraf kaki dah tak tegang dah. Mampu masak berdiri semula. Kesan sangat cepat baru 6 hari minum.


Jadi skg ni sy rsa perlu share berita ni buat semua supaya masih ade harapan bg mereka yg tercari2 penawar kanser yg tepat .πŸ’ͺ🏼


▪Adik Izzat b.muhd Ariffin ,kanser Burkit Lymphoma stage 4 sekarang dh sembuh
Guru nya memberitahu beliau x pernah nampak seperti pengidap kanser tahap 4, kerana sentiasa nampak cergas dengan pengambilan jus yang memberi tenaga dan merawat.Beliau mengambil jus herba ini dr kanser tahap 4 sehingga sembuh.

..........................................................................
▪️Pn. Hayati Abd Hamid- Pensyarah Kanan UITM, kanser payudara stage 4.
Skg dh sembuh dn shat walau pon pernah diberitahu oleh doktor yang beliau hanya mampu bertahan 1 tahun saja untuk hidup. Beliau setia dengan jus herba ini selama lebih 6tahun.
Beliau mengarang sebuah naskah/buku yg mengisahkn pengalaman beliau sepanjang perjuangannya melawan kanser dengan mengambil jus herba ini sebagai salah satu rawatan alternatif (nk buku nti blh order)
Terkini (2020): Beliau pernah ditemuramah dlm rancangan Selamat Pagi Malaysia di Tv1 menceritakan tentang perjuangan beliau menempuh kanser dari tahap 4 hinggalah sembuh.
....................................................................................................................................................
▪Puan Rohana Binti Ismail seorang yang cergas dan aktif dalam mendaki gunung termasuk gunung Kinabalu dan lain2 gunung di Malaysia tapi sejak sakit bengkak lutut, segala aktiviti lasak terpaksa dilupakan sehingga nk turun tangga di ofis pun terpaksa turun bagaikan ketam turun tangga sebab lutut bengkak. Setelah minum jus ini, dalam masa 1 minggu saja kaki beliau dah semakin sembuh semula. Bengkak dah surut dan dlm msa 2 mingu saja mampu berjoging kembali, naik bukit dlm 8km jauh nya dah tak sakit2 dah lutut.
..........................................................................

▪️ Kanser Limforma B - cel tahap 4

En Shahrizal Taib, 41 tahun, pesakit kanser Limforma b cell tahap 4 ketulan di paru paru 8 cm pernah kena tebuk paru2 sebab berair ,tahun 2020. Dia mula minum jus herba pada tahun 2021. Pernah jalani kimoterapi 8kali dan radioterapi 15kali. Dia minum jus herba ini semasa dalam kimoterapi dan badan terasa bertenaga, tidak mengganggu proses kimo malah amat memberi tenaga tidak seperti pesakit lain yg tak minum herba. Herba bukan beri tenaga saja tp merawat sampai sembuh.


Call order wasap@call- En Mohd Zuhairi Bin Noordin- 017-4687570

Reply
avatar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Guyub Tani akan memberikan kembali kontribusi kepada anda. EmoticonEmoticon